Skip to main content

follow us

Sengatan yang paling sering dialami seseorang adalah sengatan lebah dan tawon. Sengatan lebah dan tawon bisa menyakitkan dan gatal, dan sudah sangat umum terjadi selama musim panas. Tapi tetap saja masih banyak yang salah dengan cara yang digunakan untuk menetralkan racun dari kedua serangga ini.

Cara menetralkan racun yang ditimbulkan oleh sengatan untuk mengurangi rasa sakit sebenarnya memang sangat mudah. Sering ditemukan di sekitar rumah, tapi yang paling efektif adalah cuka dan soda kue.


Berikut ini adalah cara umum menyembuhkanya:

Pertama dan yang harus dilakukan, menjauhlah dari area tempat Anda tersengat. Kenapa? Alasannya karena tawon dan lebah mengeluarkan sinyal kimia setelah menyengat seseorang untuk memberi tahu lebah yang lain jika ada bahaya di sekitarnya. Jika Anda berada di dekat lebah dan tawon lainnya, mereka mungkin akan ikut menyerang Anda jika Anda tetap di sana.

Selanjutnya ambil pinset dan cabut stinger atau jarum sengat jika masih ada di kulit. Mencabut stinger dengan tangan tidak dianjurkan karena fakta bahwa sengatan terlalu kecil untuk digenggam secara efektif. Ini sering terjadi ketika mencoba untuk mencabut sengat dengan tangan malah semakin mendorong stinger lebih dalam ke dalam kulit.

Jika Anda tersengat tawon, racun mereka selalu bersifat basa, sehingga sifat asam harus digunakan untuk menetralkan dan menghilangkan rasa sakit. Untuk melakukan ini, ambil bola kapas dan gunakan sedikit cuka, lalu oleskan bola ke area yang terkena.

Sedangkan Lebah di sisi lain memiliki racun asam dalam sengatannya, sehingga larutan baking soda karena bersifat alkaloid (basa), harus diterapkan untuk menetralkan asam. Soda kue yang dicampur dengan air dingin biasanya merupakan cara paling efektif untuk membuat larutan alkalin. Cukup campurkan dalam cangkir dan kemudian celupkan bola kapas ke dalam cairan. Oleskan area yang terkena dengan alkalin, dan rasa sakitnya langsung memudar.

Nah, jadi itulah cara menetralkan sengatan lebah dan tawon , jangan sampai tertukar jika ingin cepat merasakan hasilnya. Semoga bermanfaat...

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar