Skip to main content

follow us

Pengenalan wajah adalah keterampilan penting bagi manusia dan hewan sosial lainnya. Manusia memiliki mekanisme otak khusus yang terlibat dalam proses pengenalan melihat wajah, yang memusatkan perhatian pada wajah dan mengenali identitas wajah dengan sangat cepat dan akurat.

Namun, mekanisme pengenalan wajah anjing dipahami dengan lemah. Kelompok riset Profesor Outi Vainio dari Universitas Helsinki mempelajari bagaimana anjing melihat gambar wajah dengan menggunakan pelacakan gerakan mata.

Hasilnya menunjukkan bahwa anjing dapat mengenali wajah dalam gambar; Anjing memusatkan perhatian mereka terutama pada area mata dan melihat wajah yang dikenal lebih sering daripada yang aneh. Artikel itu diterbitkan pada 5 Desember 2013 tentang jurnal ilmiah Animal Cognition.

Hanya "Lewat Foto" Anjing Sudah Tahu Siapa Pemiliknya

Sejauh ini keterampilan khusus untuk mengenali fitur wajah secara holistik telah dianggap sebagai kualitas yang hanya dimiliki oleh manusia dan mungkin primata. Meskipun sudah diketahui, bahwa wajah dan kontak mata memainkan peran penting dalam komunikasi antara anjing dan manusia, ini adalah penelitian pertama, di mana pengenalan wajah anjing diselidiki dengan pelacakan gerakan mata.

Fokus utama pada perilaku spontan anjing
Biasanya kemampuan hewan untuk membedakan individu yang berbeda telah dipelajari dengan melatih hewan untuk membedakan foto orang yang akrab dan aneh.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Profesor Outi Vainio di Universitas Helsinki, menguji perilaku spontan anjing terhadap gambar - jika anjing tidak dilatih untuk mengenali wajah-wajah mereka dapat melihat wajah dalam gambar dan apakah mereka secara alami melihat wajah yang dikenal dan aneh berbeda?

“Anjing dilatih untuk berbaring diam selama presentasi gambar dan melakukan tugasnya secara mandiri. Anjing sepertinya mengalami tugas yang memuaskan, karena mereka sangat ingin berpartisipasi, ”kata profesor Vainio.

Pergerakan mata anjing diukur saat mereka menyaksikan gambar wajah manusia dan anjing yang akrab (misalnya pemilik anjing dan anjing lain dari keluarga yang sama) yang ditampilkan di layar komputer. Sebagai perbandingan, anjing-anjing itu diperlihatkan gambar wajah dari anjing dan manusia yang belum pernah ditemui anjing.

Anjing lebih menyukai wajah-wajah dari orang-orang yang familier atau majikanya

Hasilnya menunjukkan bahwa anjing mampu melihat wajah dalam gambar. Anjing melihat gambar anjing lebih lama daripada gambar manusia, terlepas dari keakraban wajah yang disajikan dalam gambar. Ini sesuai dengan penelitian sebelumnya oleh kelompok penelitian Profesor Vainio, di mana ditemukan bahwa anjing lebih suka melihat wajah-wajah yang berbeda di atas wajah manusia.

Anjing memperbaiki pandangan mereka lebih sering pada wajah dan mata yang lebih akrab daripada yang aneh, yaitu anjing mengamati wajah yang dikenal lebih teliti.

Selain itu, sebagian gambar disajikan dalam bentuk terbalik, yaitu terbalik. Wajah terbalik ditampilkan karena sifat fisiknya sesuai dengan gambar wajah tegak normal, mis. warna, kontras, bentuk yang sama. Telah diketahui bahwa otak manusia memproses gambar terbalik dengan cara yang berbeda dari gambar wajah normal.

Sejauh ini, belum dipelajari bagaimana anjing bisa mengingat seseorang dengan menatap wajah di foto entah menatap dan menghafal kedua mata atau keseluruhan bentuk wajah. Diluar dari semua itu memang anjing adalah yang paling setia, mudah dilatih dan tunduk pada majikan.

fact source: [Penelitian di Universitas Helsinki]
image source: by canva

Semoga bermanfaat...

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar