Skip to main content

follow us

Hak Untuk Mendapatkan Koneksi Internet Ada di Finlandia - Sudah sejak lama Finlandia menjadi negara pertama di dunia yang menjadikan broadband sebagai hak asasi bagi setiap warga negara. Dimulai sejak 1 Juli 2010 setiap warga negara akan memiliki hak untuk mengakses koneksi broadband dengan kecepatan 1Mbps (megabit per detik).


Finlandia juga telah berjanji untuk menghubungkan semua orang ke koneksi 100Mbps pada tahun 2015. Kesepakatan yang dibuat Finlandia ini mewajibkan perusahaan telekomunikasi menyediakan semua penduduk dengan jalur broadband yang dapat berjalan pada kecepatan minimum 1Mbps.

Waah luar biasa bukan. Mengutip dari bbc.com; Menteri komunikasi Finlandia menganggap peran internet penting dalam kehidupan sehari-hari. Layanan Internet dianggap tidak lagi hanya untuk hiburan semata. Hal seperti ini bisa saja diterapkan di negara lain dengan melakukan pembatasan kecepatan yang tidak terlalu tinggi, dan harus menggunakan operator layanan seperti biasanya jika ingin mengupgrade kecepatan. Jadi perusahaan layanan komunikasi masih tetap untung.


Membuat broadband sebagai hak hukum dapat memiliki implikasi bagi negara-negara yang merencanakan tindakan keras pada pembagian file ilegal. Selain finlandia, sebelumnya ada inggris dan perancis. Ketika Inggris dan Perancis memutus atau membatasi koneksi internet orang-orang yang terus-menerus mengunduh musik atau film secara gratis. Pemerintah Finlandia telah mengadopsi pendekatan yang lebih lembut.

Mereka memiliki kebijakan di mana operator akan mengirim pesan peringatan kepada pembagi file ilegal tetapi mereka justru tidak berencana untuk menghentikan akses internet. Jika kita berbicara diluar dampak buruk akses internet untuk warga negara, bagaimana menurut Anda jika hal seperti ini diberlakukan di Indonesia? Apakah Anda percaya bahwa pemberian hak akses ke internet adalah hak fundamental? Saya rasa ada banyak sekali pendapat yang mengatakan ini perlu dilakukan, hehe...

Source: bbc.com
Semoga informasi ini bermanfaat...

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar