Skip to main content

follow us

Faktanya, burung unta adalah burung yang tidak bisa terbang, tetapi tidak perlu kasihan pada mereka. Karena burung unta adalah pelari bipedal tercepat di dunia, mampu mencapai kecepatan hingga 45 mil per jam - sekitar dua kali apa yang dapat dicapai manusia tercepat.

Kebanyakan hewan bipedal bergerak dengan bagian belakangnya hampir horizontal, menggunakan ekornya yang panjang untuk menyeimbangkan berat badannya. Versi primata dari bipedalisme adalah tidak biasa karena bagian belakangnya hampir tegak lurus (tegak lurus sempurna pada manusia). Terlebih lagi, burung unta dapat mempertahankan kecepatan ini hingga setengah jam.

Usus burung unta sekitar dua kali lebih panjang dari manusia. Ini memungkinkan burung untuk mendapatkan hasil maksimal dari tanaman keras yang dimakannya. Dan tahukan Anda untuk membantu pencernaan, ia juga menelan pasir dan batu-batu kecil untuk memecah makanan di rempela. Burung unta di penangkaran telah diketahui menelan apa saja yang bisa masuk ke tenggorokan mereka, termasuk koin, katup sepeda, jam alarm, dan bahkan botol kecil.


Burung unta adalah burung hidup terbesar di dunia. Seekor burung unta tumbuh satu kaki lebih tinggi setiap bulan sampai berusia tujuh atau delapan bulan. Burung unta jantan dewasa memiliki tinggi enam hingga sepuluh kaki dan beratnya bisa mencapai 340 pon. Karena ukurannya yang luar biasa, burung unta kadang-kadang digunakan untuk menaiki atau menarik kereta di Mesir kuno. Burung unta sangat sulit untuk dilatih, karena burung unta memiliki temperamen yang buruk.

Burung besar ini hanya memiliki dua jari kaki, semua burung lain memiliki tiga atau empat. Burung unta menendang ke depan, bukan ke belakang, karena itulah arah di mana lutut mereka menekuk. Burung unta bisa dibilang tidak perlu minum air, sebagian dari mereka membuat secara internal, dan sisanya berasal dari vegetasi yang mereka makan.


Meskipun telur burung unta adalah yang terbesar dari semua telur, itu adalah telur terkecil jika dibandingkan dengan ukuran burung pemilik telur itu sendiri. Telur tiga pon hanya sekitar 1 persen lebih berat dari ayam unta, Sebaliknya, telur kiwi, yang besar dibandingkan dengan induknya adalah 15 hingga 20 persen dari ukuran dan berat induk burung. Telur burung unta setara volume untuk dua lusin telur ayam.

Artikel ini diadaptasi dari "The Book of Incredible Information," yang diterbitkan oleh West Side Publishing, sebuah divisi dari Publications International, Ltd.

Dari tiga varietas utama burung unta, hanya burung unta hitam Afrika (Struthio camelus domesticus) yang ditemukan di penangkaran. Mereka dibudidayakan untuk daging, kulit, dan bulu di setidaknya 50 negara dan hampir semua dengan kondisi iklim yang sama, dari Alaska hingga Afrika khatulistiwa.

Fakta unik yang terakhir adalah mata burung unta itu seukuran bola bilyar. Mereka mengambil begitu banyak ruang di tengkorak sehingga otak burung unta sebenarnya lebih kecil dari salah satu bola matanya. Ini mungkin mengapa burung unta, meskipun kecepatan larinya yang luar biasa, tidak begitu baik dalam menghindari pemangsa. Buruknya lagi burung unta cenderung hanya menghindar dengan cara berputar-putar.

Itulah beberapa fakta unik yang sudah umum dari burung unta, Semoga artikel dan informasi fakta yang diemukan di sini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita...

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar