Skip to main content

follow us

Org Fakta - Jumat adalah hari yang sangat penting bagi umat Islam. Hari jumat jauh lebih baik dan lebih bermanfaat daripada hari-hari lain dalam seminggu. Ini adalah hari dimana umat Islam berkumpul bersama untuk berdoa bersama.

Tepat sebelum melakukan ibadah shalat jumat, kita mendengarkan ceramah yang dirancang untuk memberdayakan ilmu dengan pengetahuan berharga tentang Sang Pencipta, dan agama Islam. Ini adalah hari yang diberkati yang telah ditetapkan sedemikian rupa oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, Yang Mahakuasa tidak ada hari lain dalam seminggu yang paling mulia kebajikannya.

Dari tradisi Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, kita belajar bahwa "Hari terbaik di mata Tuhan adalah hari Jumat". Ini adalah saat ketika umat Islam bersatu untuk menyembah Allah Subhanahu wa Ta'ala, dan menemukan kekuatan dan kenyamanan dengan berdiri bahu-membahu dan menegaskan kembali iman dan pengabdian mereka kepada-Nya.

yaa ayyuhaa alladziina aamanuu idzaa nuudiya lilshshalaati min yawmi aljumu'ati fais'aw ilaa dzikri allaahi wadzaruu albay'a dzaalikum khayrun lakum in kuntum ta'lamuuna. (Quran 62: 9)

Artinya: Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Maksudnya: apabila imam telah naik mimbar dan muazzin telah azan di hari Jum`at, Maka kaum muslimin wajib bersegera memenuhi panggilan muazzin itu dan meninggalakan semua pekerjaannya.

Di banyak negara yang didominasi Muslim, Jumat adalah hari libur mingguan, kadang-kadang dikombinasikan dengan hari Kamis atau Sabtu. Namun tidak ada penutupan jual-beli yang wajib kecuali selama waktu shalat berjamaah.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengatakan kepada umatnya bahwa “Shalat lima waktu, dan dari satu shalat Jumat sampai berikutnya, berfungsi sebagai penebusan dosa apa pun yang telah dilakukan di antara mereka, asalkan seseorang tidak melakukan dosa besar.”

Penting bahwa seorang Muslim tidak mengabaikan Shalat Jumat karena bekerja, belajar, atau hal-hal duniawi lainnya. Orang-orang (laki-laki) percaya harus menghadiri shalat jumat ini sebagai prioritas karena mengabaikannya tiga kali berturut-turut, tanpa alasan yang sah, akan menyebabkan orang keluar dan menyimpang dari jalan yang lurus.

Meskipun hanya pria yang diwajibkan untuk menghadiri salat Jumat, ada juga banyak tindakan yang direkomendasikan yang dapat dilakukan oleh pria, wanita atau anak-anak selama hari ini. Tindakan-tindakan ini termasuk, mandi dan memakai pakaian bersih, mengatakan banyak permohonan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, mengirim pujian kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, dan membaca Al-Quran: Surah Al-Kahfi.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, berkata, “Tidak ada hari yang lebih baik dari hari Jumat. Di dalamnya ada satu jam di mana tidak ada yang akan berdoa kepada Tuhan kecuali bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala akan mendengar doanya ”.

"Jumat terdiri dari dua belas jam, salah satunya adalah jam di mana permohonan diberikan untuk orang yang beriman. Jam ini dicari selama jam terakhir setelah Asr (doa ketiga pada hari itu)."

"Siapa pun yang membaca pada hari Jumat, Allah Subhanahu wa Ta'ala akan memberinya cahaya pada hari Jumat berikutnya."

"Hari terbaik di mana matahari terbit adalah hari Jumat. Ini adalah hari ketika Adam diciptakan. Ini adalah hari ketika Adam memasuki Taman Surgawi, hari ketika dia diusir dari sana dan juga pada hari dia meninggal, dan Jumat adalah hari di mana Hari Kebangkitan akan berlangsung."

Hari Jumat juga merupakan hari di mana salah satu ayat terbesar dalam Al-Qur'an diturunkan.

"Hari ini, aku telah menyempurnakan agamamu untukmu, menyelesaikan Nikmatku padamu, dan telah memilih Islam sebagai agamamu." (Quran 5: 3)

Jumat adalah hari yang istimewa, Shalat berjamaah yang dilakukan pada hari ini memiliki arti khusus dalam kehidupan seorang Muslim. Ini dicatat dengan baik dan didiskusikan oleh para Ulama Islam baik dulu maupun sekarang.

Orang Islam percaya akan bijaksana untuk mengambil keuntungan dari berkat yang Allah Subhanahu wa Ta'ala kirimkan kepada hamba-Nya pada hari Jumat. Ini adalah hari berjamaah, hari raya dan hari perenungan dan permohonan.

Semoga bermanfaat...

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar