Skip to main content

follow us

Kurang dari dua bulan setelah bencana gempa bumi menimpa saudara kita di pulau Lombok, gempa besar menghantam provinsi Sulawesi Tengah. Gempa berkekuatan 7,5 terjadi pukul 5:02 sore. Jumat, 28 September, mengakibatkan tsunami yang dahsyat.

Sampai saat ini informasi yang muncul sudah hampir dari 2000 orang tewas mulai ditemukan dan jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat, "menurut badan penanggulangan bencana nasional". Setidaknya 800 orang terluka parah.

Gempa bumi dan tsunami menghancurkan desa dan memblokir akses masyarakat, yang kini menjadi “situasi bencana.” Upaya yang tak henti dilakukan adalah fokus pada pencarian dan penyelamatan, karena angka kematian diprediksi akan terus meningkat secara dramatis.

Indonesia harus segera meningkatkan kegiatan bantuan secepatnya, bantuan dari berbagai negara pun turut hadir atas musibah yang menimpa bumi pertiwi. Bantuan seperti persediaan, termasuk perlengkapan kebersihan dan perlengkapan untuk keluarga dan anak-anak. Kebutuhan segera adalah untuk makanan, tempat tinggal, nutrisi, perlindungan anak, air dan sanitasi.

Semua sangat prihatin tentang dampak ini pada anak-anak yang pada tahap ini mulai takut akan gempa susulan dan berjuang untuk mengatasi ketidakpastian dan kehilangan orang yang dicintai.

Harus segera dipastikan mereka yang selamat memiliki kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi dengan tempat tinggal, makanan, dan air yang cukup akan menjadi penting selama beberapa hari mendatang. Dan penting untuk memastikan anak-anak mendapatkan perawatan.

Pengalaman dari kejadian sebelumnya dalam menangani gempa telah menunjukkan bahwa anak-anak akan sangat tertekan dan merasa rentan jiwa mereka jika mereka kehilangan anggota keluarga, rumah atau kehilangan rasa aman mereka.

Semoga dengan kejadian ini kita semua lebih siap untuk menghadapi situasi seperti ini dimanapun, karena tidak ada yang dapat memastikan kapan bencana akan terjadi. Kemungkinan dapat dilakukan persiapan dengan informasi peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang fokus terhadap bencana gempa bumi seperti ini.

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar