Skip to main content

follow us

Fakta Unik Siput dan Bekicot Yang dapat Menumbuhkan Matanya Sendiri - Anatomi bekicot sangat berbeda dari kebanyakan hewan. Biasanya sebagian besar dari kita mengenali siput dari cangkang spiral mereka, tetapi ini bukan satu-satunya hal yang menarik tentang mereka. Ada fakta dan data yang khas tersusun dalam tubuh mereka.

Beberapa orang mungkin menganggapnya menarik sementara yang lain berpikir bahwa mereka sangat menjijikan. Ketika Anda mulai menganalisis semua bagian tubuh mereka, mereka memiliki anatomi yang unik.

Untuk menganalisis anatomi eksternal siput, kita dapat membagi tubuhnya ke cangkang dan tubuh lunak yang menahannya.
  • Cangkang bekicot/siput terbuat dari satu bagian dan sebagian besar terdiri dari kalsium karbonat. 
  • Lapisan sentral cangkang, yang disebut ostracum, memiliki dua lapisan kristal dari substansi yang sama, kalsium karbonat.
  • Hipostracum di bawah, dan lapisan yang paling dangkal adalah periostracum, bagian ini terdiri dari banyak protein.

Cangkang bekicot bisa sangat berbeda tergantung pada spesiesnya. Beberapa dari mereka berbentuk kerucut sementara yang lain berbentuk bulat. Namun, semuanya memiliki desain sama (spiral). Struktur ini melindungi siput dari lingkungan dan bahkan dari pemangsa. Ini terdiri dari kalsium karbonat yang membuatnya kuat dan tetap seperti itu selama siput mengkonsumsi makanan dengan kalsium.

Permukaannya dapat menunjukkan warna yang berbeda dengan desain pinggir, tetapi biasanya berwarna coklat atau kuning. Cangkang mereka melindungi tubuh dan organ internal dan memiliki pembukaan ke satu sisi, biasanya kanan.

Bagian tubuh yang lainnya lembut, dengan tekstur kental dan warna gelap dengan bintik-bintik abu-abu atau terang. Mereka tidak memiliki kaki tetapi bergerak berkat "kaki ventral otot." Kaki memiliki gerakan berbentuk gelombang yang dihasilkan oleh kontraksi otot yang membuat siput mudah "meluncur" sementara kaki mengeluarkan lendir licin yang mengurangi gesekan pada permukaan di mana bergerak. Lendir ini adalah “jejak” yang meninggalkan moluska di tanah saat bergerak.

Dan, fakta unik yang terakhir adalah ketika manusia atau hewan kehilangan mata, ini adalah masalah besar karena selamanya kita dan mereka tidak akan dapat berbuat apapun, tetapi ketika seekor bekicot/siput kehilangan mata, itu bukanlah jadi suatu masalah besar, mereka hanya akan menumbuhkan yang baru.

Tapi, bukan berarti penglihatan sangat penting bagi siput karena mereka buta dan tuli dalam hal ini. Daripada melihat makanan mereka, mereka lebih baik menciumnya, seringkali dari jarak beberapa meter saja. Mengetahui fakta unik ini, semoga kita tidak hanya berfikir menjadikan mereka hewan menjijikan, karena mereka sudah melakukan hal yang tidak sedikitpun dapat dilakukan mahluk hidup lain.

Source:snail-world

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar