Skip to main content

follow us


Sejak masih dibangku sekolah, belajar tentang primata tentu sangat menyenangkan. Membahas kemiripan antara beberapa kera besar dan manusia adalah cara yang bagus untuk tahu evolusi apa yang telah tumbuh bersama kita.


Ada begitu banyak fakta yang berbeda di luar sana dan di sini saya hanya mengulas beberapa fakta terpopuler tentang orangutan.

Orangutan adalah kera unik dengan rambut diseluruh tubuh yang berwarna oranye atau kemerahan. Entah mengapa rambutnya juga merah ketika terkena sinar matahari.

Orangutan adalah satu-satunya kera yang secara ketat bersifat arboreal atau cenderung menghabiskan hidup mereka di pepohonan, terutama di pepohonan.

Mereka adalah salah satu primata dengan perkembangbiakan paling lambat dan dapat memiliki sekitar tiga atau empat keturunan yang berbeda selama masa hidup mereka.

Ini adalah salah satu fakta utama tentang orangutan yang membuat mereka tetap dalam daftar spesies yang terancam punah. Orangutan Kalimantan memiliki bantalan pipi yang lebih besar dan rambut pendek, lebih gelap dari orangutan sumatera.


Orangutan terbagi dalam dua spesies:
  1. Pongo abelii Sumatera
  2. Pongo pygmaeus Kalimantan

Mereka menggunakan satu tangan di atas gerakan ayun tangan kedua untuk berpindah dari satu cabang pohon ke cabang pohon yang lain. Mereka memiliki bantalan pipi, bantalan pipi pada orangutan jantan akan tumbuh besar selama hidup mereka.

Orangutan memiliki ibu jari yang berlawanan yang berarti mereka dapat menyentuh ibu jari dan jari mereka bersama-sama. Selain itu Orangutan juga memiliki gigi taring yang tajam, serta memiliki jumlah total 32 gigi, ini merupakan jumlah yang sama dengan manusia.

Para pejantan memiliki gigi yang lebih panjang dan sangat berguna ketika mereka bertarung. Setiap malam orangutan akan membangun sarang tinggi di pohon sehingga mereka memiliki tempat yang nyaman, kering dan aman untuk tidur.

Orangutan umumnya akan hidup di habitat asli antara 35 dan 50 tahun. Ini hanya ketika selama mereka tidak terganggu oleh seorang pemburu, atau hewan pemburu.

Seekor orangutan betina umumnya hanya memiliki satu bayi pada satu waktu dan ini hanya setiap tujuh atau delapan tahun. Bayi orangutan ini bisa menangis ketika lapar, merengek jika mereka terluka dan bahkan tersenyum pada ibu mereka.

Ini adalah salah satu fakta utama tentang orangutan yang menggambarkan kemiripanya dengan sifat manusia. Orangutan memiliki jangkauan lebih dari tujuh kaki dengan tangan mereka. Kata orangutan berarti ‘man of the forest’ dalam bahasa Inggris.

Hubungan induk orangutan dengan bayinya adalah hubungan baik yang kedua setelah manusia, ini adalah fakta-fakta penting tentang orangutan yang mengilustrasikan keterampilan mengasuh mereka.

Mereka akan membawa dan merawat bayi mereka selama lima tahun atau bahkan selama tujuh tahun. Bayi itu hanya memiliki induk untuk pendamping selama hampir delapan tahun. Mereka tidur bersama di sarang yang mereka bangun setiap malam sampai kelahiran bayi yang lain.

Berkaitan dengan sikap dengan fakta-fakta penting tentang orangutan, sebenarnya mereka adalah raksasa lembut yang tidak pernah terdengar pernah menyerang manusia.

Dipercaya bahwa Orangutan memiliki tujuh kali kekuatan seperti yang dilakukan manusia. Orangutan dapat melakukan perjalanan antara 50 hingga 1.000 meter dalam satu hari.

Demikian fakta-fakta populer orangutan yang mungkin saja sudah hampir terlupakan. Video diatas sebagai konten tambahan saja untuk melengkapi postingan ini. Semoga bermanfaat...

Sumber fakta : wikipedia, orangutan com, orangutan org.

Video embed from: National Geographic

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar