Skip to main content

follow us


Fakta Tentang Tornado Yang Perlu Anda Ketahui - Orgiby Fakta coba membahas tentang fakta angin tornado dimana kehadiranya di sebut sebagai bencana alam yang cukup mengerikan. Tornado adalah awan berputar berbentuk kerucut yang memanjang dari badai ke tanah dengan putara angin kencang yang bisa mencapai 300 mph.

Total kerusakan yang dilalui tornado dapat lebih dari lebar 1 mil dan panjang 50 mil.



Tornado dapat terjadi ketika bagian depan yang hangat bertemu dengan bagian depan yang dingin, membentuk badai petir, yang kemudian dapat menelurkan 1 atau lebih tornado. Kebanyakan tornado bergerak dari barat daya ke timur laut dan dapat bergerak ke arah yang berlawanan untuk periode waktu yang singkat. Tornado bahkan bisa mundur jika terkena angin dari mata badai petir.

Tornado biasanya berlangsung kurang dari 10 menit sebelum menghilang, dan jadi banyak hanya beberapa detik terakhir. Pada kesempatan langka, siklon dapat berlangsung lebih dari satu jam. Tornado tampak transparan sebelum debu dan puing-puing dijemput sampai merubah warna bentuk awan di dalam corong.

Wilayah didatangi tornado adalah karena udara kering memenuhi udara tropis lembab yang hangat. Tornado paling mungkin terjadi antara jam 3 sore dan 9 malam, tetapi bisa terjadi kapan saja, suka-suka alam berbicara. Amerika Serikat paling banyak banyak dihantam tornado karena kehadiran Pegunungan Rocky dan Teluk Meksiko. Kedua kondisi alam tersebut menciptakan tiga bahan utama yang diperlukan untuk terbentuknya tornado.

Fakta Tentang Tornado Yang Perlu Anda Ketahui - Di negara bagian selatan, puncak kejadian tornado adalah Maret hingga Mei, sementara bulan-bulan puncak di negara bagian paling utara adalah akhir Juni hingga Agustus. Begitulah fakta tentang tornado, semoga dapat menjadi tambahan wawasan Anda hari ini...

Video embed from: NASA

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar