Skip to main content

follow us

Dua Organ Tubuh Yang Dapat Membersihkan Diri Sendiri - Pada umumnya tubuh kita harus tetap dijaga kebersihannya, akan tetapi tahukah Anda bahwa ada dua bagian tubuh tertentu (organ) yang tidak memerlukan perawatan atau tidak perlu dibersihkan, keduanya masing-masing memiliki mekanisme pembersihan diri sendiri, yang tentunya lebih efisien dan aman.


1. Mata


Mata kita membersihkan diri sendiri setiap kali kita berkedip menggunakan air mata jenis tertentu yang kita hasilkan. Ada tiga jenis air mata, berikut ini tiga jenis air mata tersebut:

  1. Air mata basal - Air mata ini mengandung air, musin, lipid, lisosim, laktoferin, lipocalin, lacritin, imunoglobulin, glukosa, urea, natrium, dan kalium (protein, garam dan lemak untuk membantu membersihkan, melumasi dan melawan infeksi pada mata). Ini adalah air mata yang dihasilkan saat Anda berkedip-kedip.
  2. Air mata refleks - Air mata ini adalah jenis air mata yang dihasilkan ketika Anda mendapatkan gangguan di mata Anda. Semacam perlindungan ekstra dari debu, dan kotoran.
  3. Air mata psikis - Air mata yang dihasilkan selama emosi Anda sedang tinggi seperti senang, sedih, marah, dll. Ini memiliki susunan kimia yang berbeda dan mengandung hormon dan bahkan beberapa zat pembunuh rasa sakit alami.


2. Vagina


Organ tubuh selanjutnya adalah vagina. Kelenjar di vagina menghasilkan cairan yang mengalir keluar setiap hari untuk membantu menyingkirkan sel-sel mati dan bahan berbahaya lainnya.

Lipatan-lipatan vagina juga melindungi terhadap infeksi dengan saling menempel untuk menjaga sebanyak mungkin hal-hal buruk di luar. Kulit lipatan vagina juga memiliki kelenjar yang menghasilkan cairan, yang disebut sebum, untuk perlindungan tambahan terhadap infeksi.

Vagina bersifat mempertahankan diri dan tidak boleh terlalu sering dicuci dengan sabun atau pembersih lainnya, karena ditakutkan dapat membersihkan cairan pelindung alami ini.

Nah, sekarang Anda tahu bahwa kedua organ inilah yang dapat membersihkan diri secara alami tanpa harus repot-repot kita bersihkan. Semoga fakta kesehatan kali ini dapat menambah wawasan Anda.

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar