Skip to main content

follow us

Fakta Tentang Energi Panas Bumi Indonesia - Sebagian besar energi panas bumi atau "geothermal" telah digunakan di seluruh dunia, ini merupakan energi yang diekstraksi dari sistem hidrotermal, karena penggunaan sistem panas-beku dan sistem konduksi yang didominasi memerlukan ekstraksi berteknologi tinggi.

Org Fakta - Sistem hidrotermal erat kaitannya dengan sistem dan pembentukan gunung berapi di zona batas lempeng aktif yang berisi aliran panas. Indonesia merupakan negara yang terletak di antara tiga lempeng aktif, memungkinkan panas dari sumur geotermal Bumi yang dalam dapat ditransfer ke permukaan dengan sistem fraktur.

Hal inilah yang menjadikan posisi strategis Indonesia sebagai negara terkaya dalam sistem hidrotermal geotermal tersebar di seluruh busur vulkanik sehingga sebagian besar sumber panas bumi di Indonesia memiliki entalpi tinggi yang cocok untuk digunakan sebagai pembangkit energi panas bumi listrik.

Potensi energi panas bumi di Indonesia adalah yang terbesar di dunia, sekitar 40% dari cadangan panas bumi dunia. Diperkirakan menjadi 219 juta BOE, atau setara dengan 27,00 GW. Jumlah ini dapat digunakan untuk 2.953,50 GWh yang sementara ini kapasitas terpasang baru sebesar 800,00 MW.

Sekitar 80% lokasi geothermal di Indonesia dengan sistem vulkanik aktif yang terisolasi seperti Sumatra (81 lokasi), Jawa (71 lokasi), Bali dan Nusa Tenggara (27 lokasi), Maluku (15 lokasi) dan Sulawesi Utara (7 lokasi) sementara di di lingkungan non-vulkanik yang aktif di Sulawesi (43 lokasi), Bangka Belitung (3 lokasi), Kalimantan (3 lokasi) dan Papua (2 lokasi).

Total komposisi potensi panas bumi dari 252 lokasi adalah 27 357 MW yang terdiri dari 14 007 MW sumber daya dan cadangan 13.350 MW (sumber: Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral). Data adalah potensi dinamis akan berubah setiap waktu sesuai dengan tingkat kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh pemerintah dan pengembang.

Nah, dengan uraian tentang panas bumi diatas mudah-mudahan dapat menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat...

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar