Skip to main content

follow us

Jellyfish box atau Ubur-ubur kotak mengembangkan racunnya yang sangat kuat langsung membunuh mangsa dengan sengatanya, sehingga perjuangan mereka untuk melarikan diri tidak akan merusak tentakelnya yang halus.

Nama Umum: Jellyfish Box
Nama Ilmiah: Cubozoa
Jenis: Invertebrata
Diet: Karnivora
Nama Kelompok: Fluther, hit
Rata-rata Kehidupan: Sampai 1 tahun

Lebih dari bisa ular - Racun mereka dianggap sebagai salah satu yang paling mematikan di dunia, ubur-ubur kotak mengandung racun yang menyerang jantung, sistem saraf, dan sel kulit. Hal ini sangat menyakitkan, korban manusia diketahui mengalami shock dan tenggelam atau meninggal karena gagal jantung bahkan sebelum mencapai pantai. Korban selamat dapat mengalami rasa sakit yang cukup besar selama berminggu-minggu dan seringkali memiliki jaringan parut yang signifikan dimana tentakel melakukan kontak.

Rentang dan Penampilan

Ubur-ubur kotak, juga disebut tawon laut dan stingers laut, hidup terutama di perairan pesisir Australia Utara dan seluruh Indo-Pasifik. Warna-warnanya biru pucat dan transparan dan mendapatkan namanya dari bentuk bel di kubus.

Tentakel

Sampai 15 tentakel tumbuh dari setiap sudut bel dan bisa mencapai 10 kaki panjangnya. Setiap tentakel memiliki sekitar 5.000 sel yang menyengat, yang dipicu bukan oleh sentuhan tapi dengan adanya bahan kimia di lapisan luar mangsanya.

Adaptasi Tingkat Tinggi

Ubur-ubur kotak sangat maju di antara ubur-ubur. Mereka telah mengembangkan kemampuan bergerak daripada berenang melayang. Mereka juga memiliki mata yang dikelompokkan dalam enam kelompok di empat sisi bel mereka. Setiap cluster mencakup sepasang mata dengan lensa canggih, retina, iris dan kornea, tapi meski tanpa sistem saraf pusat, para ilmuwan tidak yakin bagaimana prosesnya terhadap apa yang mereka lihat.

Related Posts:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar